Saturday, August 30, 2014

Kedai Steak Ayu

Saat kita merasa agak bosan dengan menu makanan di rumah, tidak salah untuk menggugah rasa dan nafsu makan kita sesekali makan diluar. Maksudnya bukan sambil bawa piring dengan berisi nasi dan lauk pauk dari dalam rumah terus kita ke teras atau ke pinggir jalan terus makan. Bukan

Maksudnya kita bolehlah kita sesekali ke luar rumah pergi ke warung, depot, cafe atau restoran untui mencoba menu di rumah makan tersebut.

Lalu menu apa yang patut dicoba. Umumnya menu yang sering ditawarkan adalah nasi goreng, ayam penyet dan lainnya. Nah, bagaimana kalau kita coba kuliner ala barat. Yaitu bisti atau steak.

Bistik atau setak atau steik adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi atau daging ayam dipotong untuk menjadi steik. Kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steik biasanya dimasak dengan dipanggang, meskipun dapat digoreng atau di-"broil".

Bagi yang mereka yang menjalani program diet, menu steak ini sangat cocok, karena daging sebenarnya memiliki banyak kandungan protein didalamnya yang dapat membantu pembentukan otot dan mendongkrak hormon dalam tubuh. Selain itu juga daging dalam steak ditemani dengan sayuran yang menyehatkan diantaranya wortel, kentang, tomat dan kacang polong.

Steak dikenal sebagai salah satu menu berharga mahal. Angka nominal yang relatif tinggi itu antara lain disebabkan oleh bahan baku utamanya, yakni daging sapi atau daging ayam tadi.

Daftar menu Kedai Steak Ayu

Namun di Jember ada satu cafe atau kedai yang menjual steak dengan harga kaki lima tapi rasa bintang lima, hmmm wajib dicoba. Kedai tersebut adalah Kedai Steak Ayu, dengan harganya menu steak yang paling mahal adalah Rp 14.000, tentunya cukup terjangkau.

Lokasi Kedai Steak Ayu berada dalam kompleks cafe yang banyak digandrungi anak muda, yaitu Dapur Coklat, di sebelah Pujasera jalan PB Sudirman no 54, tepatnya di depan Kodim Jember.

Sajian steak dari Kedai Steak Ayu

Steak di Kedai Steak Ayu ini disajikan dengan konsep hotplate dan tentunya dengan peralatan pisau steak khusus disediakan bersama dengan steak. Steak pisau lebih tajam dari pisau tabel paling dan biasanya bergerigi, meskipun pisau lurus juga bekerja, mereka juga sering memiliki pegangan kayu. Lalu apa itu hotplate? Hotplate adalah sebuah piring yang terbuat dari besi yang biasanya untuk menyajikan makanan seperti steak, yang dibuat dari besi tempa yang tahan karat. Karena itu biasanya berat. Piring ini dipanaskan di atas api sebelum dipakai sehingga saat makanan ditaruh di atas piring ini akan tetap terjaga kehangatannya sampai makanan habis disantap.


Sumber :

http://wikipedia.org
http://www.okefood.com
http://www.tipsdiet.web.id
http://ruangilmu17.wordpress.com