Tuesday, May 19, 2015

Jalan Sudarman Jalan Terpendek

BUPATI JEMBER YANG BERNAMA SUDARMAN


Jalan Sudarman di Alun-alun Kota Jember merupakan jalan terpendek di Jember dengan hanya memiliki satu nomor rumah, yaitu Nomor 1 Pemerintah Kabupaten Jember. Nama Sudarman yang diambil dari nama Bupati Jember yang disahkan oleh Pemerintah RI di awal Proklamasi Kemerdekaan.

Masa jabatan M Sudarman menjabat Bupati Jember juga sependek jalan yang menggunakan namanya. Saat Agresi Militer I dilakukan pihak Belanda, pada tanggal 14 Oktober 1947, M. Soedarman ditangkap oleh tentara Belanda bersama KNIL di rumahnya.

Rumah M. Soedarman dikepung oleh tentara Belanda yang kemudia Soedarman dipaksa untuk ditahan. Sebelum meninggalkan rumahnya, berbagai perabotan rumah tangga diantaranya berupa funiture diangkut oleh empat truk tentara.

Soedarman bersama keluarganya kemudian dinaikkan dalam mobil yang kemudian dikawal dua mobil lapis baja menuju Surabaya. Soedarman beserta keluarganya menjadi tahanan kota di Surabaya.

(Kisah ditangkapnya Bupati Jember M. Soedarman dikisahkan dalam surat kabar Belanda "Dagblad Amigo De Curacao" halaman 2, Donderdag (Kamis) 13 November 1947) - ditulis ulang oleh Y. Setiyo Hadi

Sumber :
https://www.facebook.com/100.KOber?fref=nf

No comments:

Post a Comment

Related Posts