Tuesday, January 31, 2023

Stasiun Kereta Api Sukosari

Sejarah Stasiun Kecil di Jember Timur yang Dibangun Oleh Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda

Salah satu stasiun kereta api kecil yang terdapat di Kabupaten Jember ini masih terlihat bangunannya. Stasiun kecil yang berada di wilayah timur di Jember ini, merupakan stasiun atau halte kereta api jurusan Ajung Kalisat hingga Panarukan Situbondo.

Stasiun ini, dibangun dan diresmikan oleh salah satu perusahaan kereta api Hindia Belanda State Spurwegen pada tahun 1 oktober 1897. Hingga kini, stasiun kereta api Sukosari yang dimaksud itu terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember.

Dirangkum dalam akun Youtube Kurnia Explore& Food terlihat, nampak bangunan gedung stasiun masih berdiri tegak.

“Untuk yang sebelah selatan dibangun dengan tembok dan sebelah utara dibangun dengan kayu,” kata pemilik akun.

Stasiun Sukosari ini, terletak di ketinggian sekitar 321 meter diatas permukaan laut. Stasiun ini,  berada di wilayah kewenangan daerah operasional 9 Jember. Catatan sejarah, stasiun ini didirikan selang 4 tahun kereta jalur kereta api Kalisat - Situbondo diresmikan 1 oktober 1897.

“Jalur ini, merupakan jalur timur untuk kelas 2 yang berada di wilayah  Jember. Terlihat bangunan ini kecil dan berdinding kayu, dan bagian selatan dinding tembok,” jelasnya.

Biasanya, stasiun dibangun bersamaan dengan pembangunan rel kereta api baru. Untuk ke jalur selatan,menuju ke stasiun Kalisat dan ke utara stasiun Sukowono. Terlihat dalam video, papan nama tulisan Stasiun Sukosari masih nampak di dinding bangunan. Nampak juga rumput juga mulai sudah tinggi.

Terlihat dilokasi, nampak rumah pemukiman warga juga tidak jauh dari lokasi stasiun Sukosari. Bahkan juga, arah menuju kestasiun itu terdapat jembatan kereta api yang cukup besar yang membentang.


Sumber :

https://banyuwangi.jatimnetwork.com/nasional/pr-3327133885/sejarah-stasiun-kecil-di-jember-timur-yang-dibangun-oleh-perusahaan-kereta-api-hindia-belanda?page=2

No comments:

Post a Comment

Related Posts