Tuesday, July 9, 2013

Gempa Malang Terasa di Jember



Senin, 8 Juli 2013, Situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pada pukul 09.13 WIB, terjadi gempa dengan kekuatan 5,9 skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer. 

Pusat gempa berada pada 112 kilometer tenggara Kabupaten Malang, 114 kilometer barat daya Lumajang, 130 kilometer barat daya Jember, 202 kilometer tenggara Surabaya, dan 766 kilometer tenggara Jakarta. 

Dari BPBD Malang dilaporkan gempa terasa sedang selama 3-5 detik. 

Di Bondowoso, gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. 

Di Jember, gempa dirasakan cukup kuat selama 5 detik. 

Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Kepanikan terjadi di Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (8/7/2013) pagi, saat gempa terjadi selama lima detik.

Pengunjung rawat jalan berlarian menuju pintu keluar. Satpam dan petugas berusaha menenangkan, tapi mereka tidak peduli.

Sementara itu, pengunjung yang berada di lantai 2 juga berlarian turun tangga, sembari bertakbir dan beristigfar. Begitu gempa reda, mereka kembali ke poli masing-masing.

Kepanikan juga terjadi di kantor Pemerintah Kabupaten Jember. 

Di wilayah Taman Gading, Kaliwates, warga sontak keluar rumah. Beberapa ibu rumah tangga membawa keluar anak-anak mereka. 

sindonews.com
tempo.co
beritajatim.com