Saturday, June 18, 2016

15 SMA Terbaik di Jawa Timur

Inilah 15 SMA Terbaik di Jawa Timur Berdasarkan Indeks Integritas UN Tahun 2015
Bersekolah tentu tidak hanya melulu belajar soal akademik maupun non-akademis, tapi sebenarnya sekolah juga adalah tempat penanaman karakter dan nilai moral yang baik bagi generasi penerus bangsa. Nah dalam mendukung hal tersebut, baru-baru ini pemimpin negara kita, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi terhadap 503 sekolah dengan nilai Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) tertinggi.

Penilaiannya ini juga termasuk proses pengerjaannya oleh masing-masing sekolah; seperti pola kerja sama dan tindak kecurangan yang ada. Wih, ternyata negara kita juga sangat mementingkan nilai moral, ya!

Berikut daftar 15 SMA terbaik yang ada di Jawa Timur berdasarkan penilaian Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) dari Kemendikbud tersebut. Mereka berhasil mempertahankan nilai indeks tersebut dalam rentang 92 sampai 99 selama enam tahun berturut-turut!

1. SMA Negeri 1 Jember
Mengikuti banyak ajang prestasi seperti olimpiade-olimpiade akademik maupun non-akademik seperti catur, terlibat dalam Jember Fashion Carnaval yang telah mendunia, dan lain sebagainya.

2. SMA Negeri 3 Malang
SMA yang satu ini berhasil menorehkan prestasi internasional seperti meraih medali perak pada International Earth Sience Olympiad (IESO) di Brazil pada September 2015 kemarin. Selain itu, setiap tahun sekolah ini juga mengadakan pagelaran seni yaitu PSCS. Tahun kemarin sempat mengundang Isyana Sarasvati, Teza Sumendra dan Endah N. Rhesa, lho!

3. SMA Negeri 5 Surabaya
Prestasi akademis di sekolah ini sudah terkenal dan tak bisa diragukan lagi. Banyak medali yang telah didapatkan sekolah ini, salah satunya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Selain itu, sekolah ini juga sering mengadakan acara-acara seperti S2LC yang melibatkan siswa-siswi SMP.

4. SMA Kristen Petra 2 Surabaya
Kalau soal lomba mading, jangan ditanya. SMA ini selalu berhasil menorehkan namanya di ajang DetCon. Nggak cuma itu, banyak juga prestasi internasional seperti Best Essay of The Year di Trinity College, medali perak di IOI 2015, medali perak di IOAA 2015 dan lain sebagainya.

5. SMA Negeri 1 Sidoarjo
6. SMA Negeri 1 Probolinggo
SMA ini pernah mengikuti dan menjadi video terunggul di ajang Festival Film Anak Internasional Asia di Jepang, lho.

7. SMA Negeri 2 Jombang
8. SMA Negeri 1 Kota Kediri
9. SMA Negeri 1 Blitar 
10. SMA Negeri 1 Trenggalek
Baru-baru ini, SMA ini memenangkan juara tiga dalam Open Psychology UNAIR 2015. Selain itu, juga sempat mendapatkan medali perak di OSN 2015. Berbagai kampanye juga pernah digalang seperti #smansafreepollution. Wow!

11. SMA Negeri 15 Surabaya
Nggak hanya prestasi akademis, berbagai prestasi non-akademis juga diraih sekolah ini seperti  International Festival Choirs and Orchestras Young Prague di Praha Republik Cekoslovakia dan Budapest International Choir Competition and Festival di Budapest Hungaria.

12. SMA Negeri 1 Tuban
13. SMA Negeri 1 Bojonegoro
14. SMA Negeri 1 Genteng 
15. SMA Negeri 1 Gresik

Apakah kamu sempat atau sedang menuntut ilmu di slah satu SMA di atas? Kalau iya, kamu patut bangga!

Kamu bisa cek daftar selengkapnya dari Kemendikbud.

Sumber :
http://www.idntimes.com/reinhard/inilah-15-sma-terbaik-di-jawa-timur-berdasarkan-indeks-integritas-un-tahun-2015